Hosema (Part I)

HONGKONG

Bendera Kebangsaan Hong Kong

Hong Kong (resminya Daerah Administratif Khusus Hong Kong) adalah kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan. Hong Kong terkenal dengan perkembangannya yang ekspansif, pelabuhan laut dalam alami, dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi (sekitar 7 juta jiwa pada lahan seluas 1,104 km2 (426 sq mi). Populasi Hong Kong saat ini terdiri dari 93.6% etnis Tionghoa. Sebagian besar dari penduduk Hong Kong yang berbahasa Kanton berasal dari Provinsi Guangdong, di mana penduduk dengan keterampilan melarikan diri ketika pemerintah komunis mengontrol Tiongkok tahun 1949.

Setelah kekalahan Tiongkok di Perang Opium Pertama (1839–42) dari Kerajaan Inggris, Hong Kong menjadi koloni Inggris dengan diserahkannya Pulau Hong Kong, kemudian diikuti Semenanjung Kowloon tahun 1860 dan penyewaan 99 tahun New Territories tahun 1898. Setelah diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia II (1941–45), Inggris kembali mengontrol Hongkong hingga 30 Juni 1997. Sebagai hasil dari negosiasi antara Tiongkok dan Inggris, Hong Kong diserahkan ke Republik Rakyat Tiongkok melalui Deklaratasi Bersama Sino-Inggris tahun 1984. Kota ini menjadi Daerah Administratif Khusus pertama di Tiongkok melalui asas “satu negara, dua sistem”.

Di akhir 1970-an, Hong Kong berkembang menjadi penghubung perdagangan utama dan pusat keuangan dunia, dan dianggap sebagai salah satu kota global. Kota ini menempati posisi kelima pada Indeks Kota Global 2014 setelah New York City, London, Tokyo and Paris. Kota ini memiliki pendapatan per kapita yang tinggi dan mengalami ketimpangan ekonomi yang parah. Kota ini juga memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi. Hong Kong adalah pusat keuangan ketiga terpenting setelah New York dan London. Ekonomi berbasis jasa, dicirikan dengan pajak rendah dan perdagangan bebas, dan mata uang negara ini (Dolar Hong Kong) adalah mata uang paling banyak diperdagangkan kedelapan di dunia.

Keterbatasan lahan menjadikan infrastrukturnya padat dengan arsitektur modern, menjadikan Hong Kong sebagai kota paling vertikal di dunia. Hong Kong memiliki jaringan transportasi umum yang sangat baik, dan 90% penduduk menggunakan transportasi massal, baik kereta maupun bus.

 1. Geografi

Hong Kong terletak di laut Tiongkok selatan, 60 km (37 mil) sebelah timur Makau di sisi berlawanan dari Pearl River Delta. Dikelilingi Laut Tiongkok Selatan di timur, selatan, dan barat, dan berbatasan dengan kota Shenzhen di utara, di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Luas daerahnya adalah 1,104 km2 (426 sq mi) terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories, dan lebih dari 200 pulau lepas pantai, Pulau Lantau adalah yang terbesar sedangkan Hong Kong adalah yang kedua terbesar dan populasinya adalah yang terbesar. Dari keseluruhan total, 1,054 km2 (407 sq mi) adalah darat dan 50 km2 (19 sq mi) adalah air. Hong Kong mengklaim laut teritorial sejauh 3 nautical mile (5.6 km). Luas daratan Hong Kong menjadikan luasannya urutan ke-179 di dunia.

Transportasi Pulai Lantau

Daerah dataran tinggi di Hong Kong didominasi padang rumput: Pulau Lantau di musim kering. Karena sebagian besar daratan Hong Kong adalah pegunungan dengan kecuraman tajam, kurang dari 25% luas daerahnya yang terbangun, dan sekitar 40% sisa luas daratan dijadikan taman kota dan cagar alam. Vegetasi ketinggian rendah di Hong Kong didominasi oleh hutan hujan sekunder, karena hutan primernya sudah hancur di Perang Dunia II. Sebagian besar pengembangan kota kawasan ini berada di semenanjung Kowloon, sepanjang pesisir utara Pulau Hong Kong, dan seluruh New Territories. Titik tertinggi di negara ini adalah Tai Mo Shan, dengan ketinggian 957 meter (3,140 ft) di atas permukaan laut. Pesisir Hong Kong yang panjang menjadikannya memiliki banyak sungai dan pantai. Pada 18 September 2011, UNESCO memasukkan Hong Kong National Geopark ke dalam Global Geoparks Network. Hong Kong Geopark terdiri dari 8 Geo-Area yang terbagi sepanjang Kawasan Batuan Vulkanik Sai Kung dan Kawasan Batuan Sedimen Timur Laut New Territories.

Thai Mo Shan Puncak Tertinggi di Hong Kong

2. Iklim

Pada dasarnya Hongkong memiliki iklim yang sub-tropis yang membuatnya hangat dan lembab selama musim semi yang biasanya terjadi dari Bulan Maret sampai pertengahan Mei. Dan setelah itu, biasanya suhu di Hongkong akan meningkat dari Mei sampai pertengahan Bulan September. Dari September ke awal Desember biasanya suhu akan kembali lembab dan secara bertahap menurun. Ini menunjukkan musim gugur yang ditandai dengan sinar matahari yang jelas dan cuaca yang cerah.

Pembagian musim-musim di Hong Kong :

Musim semi (Maret sampai Mei)

Suhu dan kelembaban meningkat. Malam bisa menjadi dingin. Suhu rata-rata 17°C – 26°C

 

 

Musim panas (Juni sampai Agustus)

Panas, lembab, dan cerah, dengan beberapa kali hujan atau badai. Suhu bisa meningkat sampai 31°C tapi tingginya tingkat kelembaban udara dapat membuatnya menjadi lebih baik. Temperatur rata-rata 26°C – 31°C

 

Musim gugur (September sampai November)

Angin yang menyenangkan, banyak sinar matahari dan suhu yang nyaman Banyak orang menganggap ini sebagai bulan terbaik dalam setahun untuk mengunjungi Hong Kong. Suhu rata-rata: 19°C – 28°C.

Musim dingin (Desember sampai Februari)

Dingin, kering dan berawan, dengan udara dingin sesekali. Suhu bisa turun di bawah 10°C di daerah perkotaan. Suhu rata-rata: 12°C – 20°C.

Grafik Suhu Hong Kong

Grafik suhu, Hong Kong

Agustus adalah bulan terhangat sepanjang tahun. Suhu di Agustus rata-rata 28.4 °C. Februari memiliki suhu rata-rata terendah dalam setahun. Ini adalah 15.4 °C.

 3. Transportasi

Hong Kong memiliki sistem transportasi dalam kota yang mapan dan modern yang terdiri dari kereta api, bus, tram, feri, dan taksi. Lebih dari 90% perjalanan harian (sekitar 11 juta) bergantung pada transportasi umum, salah satu yang tertinggi di dunia. Hampir semua layanan transportasi dapat dibayar menggunakan kartu Octopus, sistem kartu bersaldo yang diperkenalkan oleh MTR.

Jaringan kereta utama (KCRC) digabung dengan MTR tahun 2007, menjadikan jaringan kereta komprehensif di negara ini. Sistem angkutan cepat MTR memiliki 152 stasiun yang melayani 3,4 juta orang tiap hari. Hong Kong Tramways, yang sudah ada sejak 1904, menjangkau bagian utara dari Pulau Hong Kong.

Pelayanan bus di Hong Kong dikelola oleh 5 perusahaan swasta yang mengoperasikan lebih dari 700 rute. Operator paling besar adalah Kowloon Motor Bus, memiliki 402 rute di Kowloon dan New Territories, dan Citybus, yang mengoperasikan 154 rute di Pulau Hong Kong. Bus tingkat pertama kali beroperasi di Hong Kong tahun 1949 dan sampai saat ini masih ada. Ada juga bus kecil yang beroperasi di jalur-jalur tertentu.

HK City tram atau dikenal oleh warga lokal dengan sebutan Ding Ding, mengaju bunyinya saat mulai berjalan dari halte ke halte. Tarifnya sedikit lebih murah dari bus, sekitar $ 2.5-4.5, namun areanya terbatas dan hanya ditemukan di daerah Hong Kong Island

 4. Pariwisata

Pariwisata adalah salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong dengan 21,81 juta orang turis pada tahun 2004. Selama Januari sampai April 2005, jumlah turis terus meningkat sebesar 11,1% dan mencapai 7,41 juta orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat setelah dibukanya Hong Kong Disneyland Resort pada bulan September 2005.

Beberapa lokasi dan daerah yang menjadi tujuan wisata antara lain :

1. Victoria Peak (The Peak)

Hasil gambar

Victoria Peak atau dikenal juga sebagai The Peak adalah sebuah gunung di Hong Kong bagian barat daya dengan ketinggian 552 meter, tertinggi di Pulau Hong Kong.

2. Pulau Lantau

Pulau Lantau adalah pulau terbesar di Hong Kong, yang terletak di mulut Sungai Mutiara. Secara administratif, kebanyakan wilayah Pulau Lantau adalah bagian dari Distrik Kepulauan di Hong Kong.

3. Tsim Sha Tsui

Berkas:Tsim Sha Tsui Waterfront.jpg

Tsim Sha Tsui adalah area urban di bagian selatan Kowloon, Hong Kong. Secara administratif, wilayah ini merupakan bagian dari Distrik Yau Tsim Mong. Area ini dibatasi oleh Austin Road di Utara dan Hong Chong Road serta Cheong Wan Road di Selatan.

Tsim Sha Tsui menjadi salah satu pusat turis di metropolitan Hong Kong, dan memiliki banyak tempat perbelanjaan, restoran, serta museum yang terletak di daerah ini, termasuk Museum of History, Museum of Art, dan Museum of Space.

4. Star Ferry

Star Ferry adalah salah satu atraksi turis yang paling terkenal di Hong Kong. Star Ferry akan membawa para wisatawan dari Pulau Hong Kong ke Kowloon. Banyak wisatawan yang menggunakan Star Ferry untuk menikmati keindahan pelabuhan terindah di dunia dari dekat.

5. Wong Tai Sin Temple

Kuil Wong Tai Sin adalah salah satu kuil terbaru yang ada di Hong Kong dan juga telah menjadi salah satu kuil dan tempat wisata di Hong Kong yang paling menarik. Terletak di Kowloon, kuil ini dibangun pada tahun 1920, dan kemudian dibangun kembali pada tahun 1968 yang berdiri hingga saat ini.

6. Avenue of Stars

Avenue of Stars yang berlokasi di Tsim Sha Tsui adalah sebuah balkon untuk penghargaan bagi para bintang besar Hong Kong, seperti misalnya Bruce Lee. Tempat wisata di Hong Kong ini mulai dibuka pada tahun 2004, dan terletak di sepanjang tepi Tsim Sha Tsui. Jika dilihat, Avenue of Stars serupa dengan Walk of Fame di Hollywood.

7. Ocean Park

Satu lagi taman hiburan seru yang bisa dikunjungi saat di Hong Kong, Ocean Park. Taman hiburan ini menyediakan berbagai jenis wahana yang dapat dinikmati dalam waktu satu hari penuh. Wisatawan dapat menikmati perjalanan menikmati Hong Kong tua, Grand Aquarium, melihat satwa langka yang eksotis, dan juga memicu adrenalin dengan naik roller coaster. Aquarium di Ocean Park merupakan aquarium yang memiliki kubah paling besar di dunia dengan diameter 5,5 meter dan terdiri dari 400 spesies ikan. Di taman ini pula wisatawan berkesempatan untuk melihat panda raksasa, panda merah, dan juga Chinese Giant Salamander.

8. Repulse Bay & Beaches

Pantai yang berlokasi di Repulse Bay ini adalah pantai yang paling populer di Hong Kong. Tempat wisata di Hong Kong ini dilengkapi dengan gaya mewah dan pemandangan arsitektur tradisional China di club house Hong Kong Life Saving Society dan juga arsitektur modern bergaya kolonial.

9. Sky 100 Hong Kong Observation Deck

Sky 100 adalah tempat wisata atraktif yang dikenal dengan dek observasi dalam ruangan 360 derajat yang berada di lantai ke-100 Pusat Perdagangan Internasional. Jika tertarik untuk mendatanginya, perlu diketahui bahwa Sky100 yang terletak di Kowloon Barat ini lokasinya dua lantai di bawah Hotel Ritz Carlton pada bangunan yang sama. Untuk bisa ke dek observasi, para pengunjung bisa memakai lift yang memiliki kecepatan tinggi. Sebagai salah satu gedung pencakar langit, pusat kota Hong Kong serta keindahan panoramanya bisa dilihat secara menakjubkan dari lantai 100 gedung setinggi 484 meter ini.

10. Tian Tan Buddha

Tempat wisata yang bisa ditemukan di Lantau Island ini memiliki patung Buddha yang terbuat dari bahan perunggu dan dibangun dalam ukuran yang amat besar. Pembangunan patung ini selesai pada tahun 1993 dan mempunyai kekhasan pada pesona keindahannya sehingga banyak orang yang datang ke tempat ini bagi yang beragama budha untuk melihat keindahan jenis patung tian tan budha ini yang berbentuk besar dan unik. Patung Buddha raksasa yang memiliki ketinggian sekitar 34 meter ini berposisi duduk dan disebut-sebut bahwa itulah lambang sebuah ketenangan.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Hong_Kong

http://www.discoverhongkong.com/id/plan-your-trip/traveller-info/about-hong-kong/climate.jsp

https://id.climate-data.org/location/977986/

http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-hong-kong-yang-wajib-dikunjungi/#

Advertisements

One response to “Hosema (Part I)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s