Sistem Pemerintahan Indonesia (Video)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Pada postingan kali ini, saya ingin menjelaskan sedikit materi dari tugas Pendidikan Kewarganegaraan dan proses pembuatan video yang berisikan materi Sistem Pemerintahan Negara Indonesia. Selebihnya bisa cek di video pada akhir tulisan ini.

I. MATERI

Sistem : berarti suatu keseluruhan yang terdiri atas beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional.

Pemerintahan : dalam arti luas adalah pemerintah/ lembaga-lembaga Negara yang menjalankan segala tugas pemerintah baik sebagai lembaga eksekutif, legislative maupun yudikatif.

Sistem Pemerintahan adalah sistem yang dimiliki suatu negara dalam mengatur pemerintahannya. Ada tiga jenis sistem pemerintahan yang terkenal dalam ilmu negara, yakni sistem parlementer dan sistem presidensial:

Pengelompokkan system pemerintahan:

1 . Sistem Pemerintahan Presidensial

Merupakan sistem pemerintahan dimana kepala pemerintahan dipegang oleh Presiden dan pemerintah tidak bertanggung jawab kepada parlemen (legislatif). Menteri bertanggung jawab kepada Presiden karena Presiden berkedudukan sebagai kepala Negara sekaligus kepala pemerintahan.

Contoh Negara: AS, Pakistan, Argentina, Filiphina, Indonesia.

Ciri-ciri sistem pemerintahan Presidensial:

  1. Pemerintahan Presidensial didasarkan pada prinsip pemisahan kekuasaan.
  2. Eksekutif tidak mempunyai kekuasaan untuk menyatu dengan Legislatif.
  3. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden.
  4. Eksekutif dipilih melalui pemilu.

2 . Sistem Pemerintahan Parlementer

Merupakan suatu sistem pemerintahan dimana pemerintah (eksekutif) bertanggung jawab kepada parlemen. Dalam sistem pemerintahan ini, parlemen mempunyai kekuasaan yang besar dan mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap eksekutif. Menteri dan perdana menteri bertanggung jawab kepada parlemen.

Contoh Negara: Kerajaan Inggris, Belanda, India, Australia, Malaysia.

Ciri-ciri dan syarat sistem pemerintahan Parlementer:

1. Pemerintahan Parlementer didasarkan pada prinsip pembagian kekuasaan.

2. Adanya tanggung jawab yang saling menguntungkan antara legislatif dengan eksekutif, dan antara Presiden dan kabinet.

3.Eksekutif dipilih oleh kepala pemerintahan dengan persetujuan legislatif.

3 . Sistem Pemerintahan Campuran

Dalam sistem pemerintahan ini diambil hal-hal yang terbaik dari system pemerintahan Presidensial dan sistem pemerintahan Parlemen. Selain memiliki Presiden sebagai kepala Negara, juga memiliki perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Contoh Negara: Perancis.

II. PROSES PEMBUATAN VIDEO

Sebelum membuat video ini, awalnya ketua kelas saya membentuk undian untuk menentukan isi materi dari video ini, dan Alhamdulillah kelompok saya mendapatkan materi tentang Sistem Pemerintahan Indonesia.

Anggota kelompok saya terdiri dari tiga orang yaitu, Azhar Rahman, Kinanti Asprila, dan saya sendiri Nazarul.

Awalnya saya dan kelompok saya menentukan terlebih dahulu tempat yang ingin digunakan untuk kerja kelompok pengambilan video, dan akhirnya sepakat untuk kerja kelompok di Sport Center kampus H Gunadarma. Kelompok saya bekerja sama dengan kelompok lain yaitu kelompok yang beranggotakan Adhitya, Heri, dan Rifiana.

Pada hari H pembuatan video, kami semua sepakat berkumpul di Sport Center kampus H jam 9 pagi (yang akhirnya telat sampai jam 11 siang, hehehe). Setelah semua sudah kumpul, tiba-tiba teman saya Ilham Sulthony dari kelompok lain tiba-tiba datang tidak diundang, yang niatnya mau minta bantu mengerjakan tugas SK hehe. Dan ujung-ujungnya Ilham tidak mengerjakan tugas SK tersebut dan malah membantu kami dalam mengerjakan tugas video ini “Subhanallah…”

Proses pengambilan video pun dimulai secara bergantian, karena hanya menggunakan satu kamera SLR punya saudara Adhit hehe. Dalam proses ini, masing-masing kelompok diminta untuk menjadi narasumber wawancara dan juga mencari orang/mahasiswa lain untuk diminta menjadi narasumber juga.

Setelah proses pengambilan video selesai, kelompok saya lalu membuat kesimpulan dari hasil wawancara beberapa mahasiswa dan kemudian lanjut ke proses editing video agar tampilannya menarik.

Inilah hasil dari tugas kelompok kami, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh… Sekian, dan Terima Kasih 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s